[Windows] 10 ritual mengembalikan data yang ter-delete / ter-format



Mungkin diantara kamu ada yang pernah melakukan dengan sengaja dan bangga menghapus data yang penting dari harddisk ataupun flashdisk kamu, atau malah ada yang bukan hanya menghapus tetapi justru mem-format harddisk atau flashdisk nya, alhasil akan terlihatlah wajah-wajah bahagia karena telah kehilangan data :) #dongkol

jangan buru-buru panik kalau sudah terjadi, bersikaplah ikhlas terlebih dahulu mudah-mudahan dengan bersikap ikhlas proses mencari kembali data yang telah hilang bisa berjalan mulus #ngarep.

Pernah dengar kata “recovery” ? Seperti Disaster Recovery a.k.a penyelamatan bencana alam. Yap, mirip dengan itu, tapi yang kita selamatkan bukan korban bencana alam, tapi korban bencana mouse dan kibot yang salah pencet :)

kali ini saya akan coba bahas recovery data menggunakan salah satu software yang dengan bebas merajalela di dunia antah berantah internet. Nama aplikasi yang kali ini akan digunakan adalah Icare Data Recovery, aplikasi ini lumayan tangguh untuk proses recovery, beberapa bulan yang lalu ada salah satu temen saya yang tanpa sengaja mem-format seluruh partisi harddisk abangnya saat ingin menginstall sistem operasi, dengan bantuan aplikasi ini saya berhasil melakukan recovery ya sekitar 1-10 gigabyte-lah kurang lebih, ya walaupun saya ga tau isi asli harddisk yang ratusan giga itu berapa jumlahnya, tapi biasanya yang terpenting untuk dikembalikan biasanya hanyalah dokumen, lagu dan ya beberapa gigabyte foto expresi buat yang suka narsis :)



Oke kita mulai aja ya tutorialnya.
RECOVERY DATA YANG TERFORMAT

  1. Pertama siapkan mental plus siapin senjata perang kita yaitu aplikasi Icare Data Recovery nya, bisa minta bantuan akang google buat nyariin, tapi klo malas nyari ya download dari link ini aja >> DONLOT ICARE DATA RECOVERY DISINI.
  2. Setelah itu install aplikasinya [cara install saya anggap udah pada ngerti aja lah ya, klo belum ngerti juga bisa PM saya di twitter atau melalui kotak komentar dibawah :)  ]
  3. jalankan aplikasinya, pada tampilan awal klik pilihan menu >> FORMAT RECOVERY
  4. Setelah itu akan terlihat seluruh partisi yang ada pada komputer, pilih salah satu partisi yang akan direcovery datanya. Pada tutorial ini saya akan coba recovery flashdisk saya yang telah kosong karena proses format.
    Step 3
    Step 4













  5. Setelah memilih partisi yang akan direcovery, lalu klik tombol recover yang ada disebelah kanan dan biarkan proses pencarian terhadap data-data yang pernah pada partisi tersebut berjalan. Pada tahap ini, setelah tadi pada saat kehilangan data saya meminta kamu untuk ikhlas, sekarang saya akan meminta kamu untuk sabar, karena untuk partisi yang ukurannya cukup besar akan memakan waktu pencarian yang cukup lama juga.
  6. Setelah proses pencarian data selesai, aplikasi ini akan menampilkan beberapa pilihan partisi hasil scanning untuk proses recoverynya, pada tampilan ini juga memperlihatkan beberapa tab menu diantaranya size, suggestion, start sector, dsb. pilih partisi yang memiliki nilai partisi terbesar diantara yang ada, kebetulan pada tes yang saya lakukan ada partisi yang memiliki suggestion 100%. untuk pada tampilan kamu tidak ada yang 100%, coba cari yang memiliki nilai persentase paling besar, lalu klik tombol show files yang ada dibagian kanan.


    Step 5
    Step 6













  7. Lalu akan terlihat folder-folder yang berisi file-file yang pernah ada sebelumnya, pilih file atau folder yang akan direcovery dengan cara memberi tanda centang atau checklist (v) pada data yang akan diselamatkan.
  8. Kemudian tentukan lokasi penyimpanan hasil recovery yang akan dilakukan, disarankan untuk menyimpan hasil recovery pada partisi yang berbeda, bukan pada partisi yang mengalami kehilangan data sebelumnya. misalnya data yang hilang terletak di desktop, my document, atau lokasi lainnya di partisi C:, maka disarankan untuk menyimpan hasil recovery pada partisi selain C, misalnya disimpan di partisi D: E: atau yang lainnya.


    Step 7
    Step 8














  9. Langkah terakhir adalah menunggu proses recovery ke folder tujuan hingga selesai. saat ini kamu sudah boleh sedikit tersenyum :)
  10. Coba deh periksa file-file kamu hasil recovery tadi yang terletak pada folder yang telah kamu tentukan saat step 8 tadi. enjoy your data :)
Step 9
Step 10













Untuk proses mengembalikan data menggunakan menu DEEP SCAN RECOVERY nantI menyusul, InsyaAllah..


thanks guys, share this tips to the other by doing click at facebook share button bellow..

(* th3m0 *)


0 komentar " [Windows] 10 ritual mengembalikan data yang ter-delete / ter-format ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Silahkan berikan komentarnya