[Aqidah] 7 huruf terlarang dalam Surah Alfatihah


Kurang lebih 6 tahun yang lalu ketika belajar pelajaran agama islam saat duduk dibangku kelas 1 SMK, sang guru agama mengatakan kepada kami murid-muridnya : "baca alfatihah itu tidak bisa sembarangan, kalau salah salah baca bisa manggil setan"
Ketika kami bertanya bacaan alfatihah seperti apa yang menyebabkan datangnya setan tersebut, namun beliau tidak berkenan memberikan jawaban detilnya, beliau cuma mengatakan "baca aja seperti yang tertulis dalam alquran"
waktu itu sempat terngiang difikiran apakah benar yang dikatakan sang guru ini, tapi dalam hati ada rasa kecemasan juga dikarenakan setiap hari umat islam pasti membaca surat alfatihah ini dalam setiap sholatnya. waktu terus berlalu tanpa ada lagi yang mengungkit-ungkit tentang pembahasan fatihah ini.

Tahun ini, tahun 2012 saya mendapatkan satu ilmu yang selama ini tidak pernah saya ketahui, bahkan rasa-rasanya pun selama saya mencicipi dunia pendidikan mulai dari sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi (PT), mulai dari guru agamanya hanya lulusan sekolah rakyat (SR) hingga yang memiliki titel S2 Master agama, tidak pernah saya diajarkan tentang 7 huruf hijaiyah yang tidak pernah disebutkan dalam surah alfatihah. Dari total 30 huruf hijaiyah, 7 huruf ini tidak pernah sekalipun muncul dalam setiap ayat pada surah alfatihah.

Padahal kita ketahui bahwa hikmah islam itu terhimpun dalam kitab suci Alquran, dan seluruh kandungan isi Alquran itu terhimpun dalam satu surah yaitu Alfatihah. Jika kita membaca makna surah Alfatihah, terangkumlah semua harapan kita tentang akhirat selama kita masih hidup ditempat persinggahan yang disebut dunia ini. Jika tiap-tiap ayat fatihah tersebut tidak kita lafazkan dengan sebenar-benarnya, maka makna sesungguhnya dari ayat fatihah akan sirna, karena berbeda satu huruf saja dalam bacaan alquran itu akan mengubah makna aslinya, oleh karena itu jika salah dalam melafalkan huruf-huruf dalam fatihah maka doa yang terangkum dalam fatihah yang kita baca dikhawatirkan tidak akan sampai karena berubahnya makna ayat yang kita baca.

Adapun 7 huruf hijaiyah yang tidak pernah ada dalam surah alfatihah itu adalah ث [tsa], ج [jim], خ [kho], ز [zai],  ش [syim],  ظ [zho],  ف [fa]7 huruf hijaiyah ini tidak pernah disebut dalam surat alfatihah, mengapa? Wallahu a'lam bisshowab, saya juga belum mengetahui jawabannya.


Terima kasih kepada guruku Ust. Kaharuddin yang telah menyampaikan ilmu ini kepada kami, mudah-mudahan ilmu ini menjadi amal jariyahmu yang telah mengajar kami dan mudah-mudah ilmu ini juga menjadi amal jariyah buat saya, aamiin.. ya Rabbal 'alamin..
Jika terdapat manfaat dalam tulisan ini, silahkan dishare kepada teman-teman yang lainnya dengan merekomendasikan link blog ini kepada mereka atau dengan cara menekan tombol like di bawah, mudah-mudahan itu akan menjadi amal jariyah buat kita semua dengan asbab menyebarkan ilmu, InsyaAllah..


9 komentar :

  1. Karena huruf tersebut adalah nama-nama Neraka

    ReplyDelete
  2. Karena huruf tersebut adalah nama-nama Neraka

    ReplyDelete
  3. Karena huruf tersebut adalah nama-nama Neraka

    ReplyDelete
  4. Karena huruf tersebut adalah nama-nama Neraka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seakan Allah mengatakan, setiap pembacaan 1 ayat Al-Fatehah maka akan dihapuskan 1 neraka untukmu

      Delete
  5. Anonymous23/7/13 22:13

    Mf klo lancang komen, sekedar berbagi pengetahuan dlm kitab barencong disebutkan barang siapa yg mengetahui 7huruf tsb maka diharamkan bagi api neraka memakan org yg mengetahui dan mengenal 7huruf tsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. wallahu a'lam gan, semoga negeri kita indonesia dilindungi Allah dari bencana besar..

      Delete
  6. Karna ke 7 huruf di atas adalah sifat ke binatangan manusia yang harus di jaga atau di buang

    ReplyDelete
  7. Terima kasih buat ilmunya sodara ku

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentarnya