[windows] Jurus Jitu Mengembalikan Data Yang Hilang


Okay, kali ini saya akan mencoba memberikan solusi bagaimana cara untuk mengembalikan data yang telah hilang dari disk drive kita, setelah sebelumnya saya memberikan step by step recovery data menggunakan apps iCare Data Recovery, kali ini apps yang akan saya gunakan adalah Stellar Phoenix Windows Recovery.

Tapi sebelum menulis artikel ini, pertama saya mau minta maaf kepada seseorang yang sedang jauh disana, maaf karena tutorial ini rada telat ditulis dan diupload dan pesan adq di FB baru dibaca kemaren 13/12/2012. Jangan marah ama kk ya dq, kk dah lama ga buka fb soalny.. okay lets start it..

Sejauh yang saya temukan ternyata apps stellar phoenix ini telah mencapai versi 5, namun dalam tutorial kali ini yang saya gunakan adalah stellar phoenix v.3 (versi bukan masalah yg signifikan). Pertama silahkan kamu download terlebih dahulu apps stellarphoenix disini dan untuk memudahkan membaca turorial ini secara offline, file softcopy dari tutorial ini bisa didownload disini.

Setelah itu install stellar phoenix ke PC/Notebook dan setelah setelah installasi selesai jangan lupa untuk menjalankan patch yang telah didownload tadi, patch ini berfungsi untuk mengubah lisensi stellar phoenix dari demo menjadi registered version.

Oke, langsung aja jalankan stellar phoenixnya, view pertamanya seperti ini


Dibagian sebelah kiri akan terlihat list dari disk drive yg terhubung ke PC/Notebook, pilih lokasi drive dari data kita yang hilang, disini saya akan mencoba me-recovery data dari flashdisk yang telah saya format sebelumnya. Lalu double click drive yang akan dilakukan proses recovery, pada opsi yang muncul pilih opsi STANDARD SCAN atau ADVANCED SCAN.



Langkah selanjutnya yang harus dilakukan merupakan tahap yang paling digemari oleh seluruh rakyat Indonesia, yaitu tahap menunggu :D karena untuk harddrive yang memiliki kapasitas besar, proses scan ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jika proses scanning telah selesai, maka pada panel sebelah kiri akan terlihat list dari folder yang berhasil dibaca pada drive yang dipilih sebelumnya. Silahkan dipilih folder/file yang akan direcovery, lalu klik icon disket yang ada tanda checklist a.k.a centangnya atau melalui menu Files > Recover Selected, tapi klo mau recovery semua hasil scan yang ada maka tinggal klik saja icon recover yang bergambar 3 buah disket atau melalui menu Files > Recover All. Setelah itu tentukan lokasi penyimpanan hasil recovery, lalu klik OK dan tunggu proses recovery hingga selesai.

(disarankan untuk tidak menyimpan hasil recovery pada drive yang sama dengan lokasi hilangnya data).


Semoga tutorial ini bisa membantu teman-teman yang membutuhkan, dan ucapan terimakasih buat seseorang yang jauh disana yang sudah request ke saya (klo dia ga kehilangan data, mungkin tutorial ini ga akan jadi J, tp bukan bermaksud senang atas kehilangan datanya loh)

InsyaAllah sore ini adalah pergantian tahun 1433 H menuju 1434 H, ingin ku kutip isi sms “nya” beberapa tahun yang lalu yang masih tersimpan rapi.

“Taon baru..
Smgd baru..
Hrpn baru,,
Tpi bkn individu yg bru..
Pertebal Iman..
Prbanyk ihsan..
Agar kita m’jd insan yg dRidhoi ALLAH SWT”

Pojok Redaksi
Dirga Pratama
 a.k.a
 @sidi_idriez



0 komentar " [windows] Jurus Jitu Mengembalikan Data Yang Hilang ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Silahkan berikan komentarnya