[Planetarium] Sky View 1 Ramadhan 1434 H

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh..

Tak terasa sebentar lagi akan datang bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan bagi seluruh umat islam yang ada didunia ini, ya bulan itu adalah ramadhan. dimana mana mulai bertebaran kalimat "marhaban ya ramadhan". seperti halnya tulisan yang pernah saya muat setahun yg lalu mengenai perkiraan jatuhnya awal ramadhan 1433 H yang saya tulis disini, untuk tahun ini saya juga masih akan berbagi tulisan saya mengenai "Sky View 1 Ramadhan 1434 H".

Sore ini, insyaAllah Kementerian Agama Republik Indonesia beserta seluruh staff dan jajarannya akan melakukan sidang isbat untuk menentukan kapan masuknya awal bulan ramadhan 1434 H, pemantauan bulan telah dilakukan sejak siang ini dan momen melihat hilal akan dipantau secara menyeluruh dari sabang hingga merauke untuk melihat hilal dimulai sejak terbenamnya matahari atau sejak waktu maghrib telah tiba. kali ini saya akan mencoba melakukan hal yang sama seperti tahun sebelumnya yaitu mencoba memperlihatkan perkiraan gambaran langit sore ini untuk melihat hilal.

*ket gambar : atmosfir bumi sengaja dihilangkan agar posisi bulan dan matahari dapat lebih jelas terlihat, dan hal ini menyebabkan foto terlihat seperti malam hari.

Tanggal 8 Juli 2013
Klik gambar untuk memperbesar
Pada tanggal 8 juli 2013, matahari akan terbenam sempurna insyaAllah pada pukul 18:22 WIB, dan posisi bulan pada waktu tersebut berada pada posisi 0 derajat 40 menit, dalam ketinggian ini posisi bulan berada diantara ufuk yakni separuh bagian bulan terlihat berada diatas ufuk dan separuh bagian lagi berada dibawah garis ufuk, sedangkan posisi matahari telah berada dibawah garis ufuk. dan untuk hilal sendiri sepertinya belum terlihat berada diatas ufuk.


Tanggal 9 Juli 2013
Klik gambar untuk memperbesar
Pada tanggal 9 Juli 2013, matahari akan terbenam sempurna insyaAllah pada pukul 18:22 WIB, dan posisi bulan pada waktu tersebut berada pada posisi 10 derajat 51 menit, dalam ketinggian ini posisi bulan berada diatas ufuk sepenuhnya dan hilal dapat terlihat berada pada bagian kanan bawah bulan membentuk sebuah garis tipis. 





Klik gambar untuk memperbesar
Berdasarkan hasil gambaran Sky View tersebut dapat disimpulkan bahwa pada sore hari tanggal 8 juli 2013 (sore hari ini) separuh bagian dari bulan telah dapat dilihat diatas ufuk namun hilal masih belum dapat terlihat berada diatas ufuk.

Pada sore hari tanggal 9 juli 2013 (sore esok hari) bulan telah dapat dilihat secara utuh berada diatas ufuk dan begitu juga dengan hilal telah  dapat dilihat membentuk sebuah garis tipis.

Dengan demikian sangat besar kemungkinan keputusan pemerintah yang dikuasakan kepada Menteri Agama dalam sidang isbat malam ini akan menghasilkan keputusan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1434 H akan jatuh pada maghrib esok hari tanggal 9 juli 2013 dan akan mulai berpuasa hari pertama pada tanggal 10 Juli 2013.


*jika ingin melihat Sky View Ramadhan 1433 H setahun yg lalu untuk dijadikan perbandingan dapat dilihat disini.


afwan minkum
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

0 komentar " [Planetarium] Sky View 1 Ramadhan 1434 H ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Silahkan berikan komentarnya