[Planetarium] Hilal 1 Ramadhan 1433 H / 2012 M


Bismillahirrohmannirrohim..
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..

sudah cukup lama ana tidak kelayapan *waduh bahasanya* didunia maya, setelah kemaren juga sempat dihebohkan dengan fenomena "kiamat internet". ternyata istilah kiamat yg dimaksud hanya sebuah frasa yg berlebihan *frasa?, apa artinya ya?, hhe*

hari ini, seperti tahun-tahun sebelumnya selalu terjadi perbedaan antara pemerintah, ormas islam, dan kelompok tertentu. ya perbedaan itu antara lain tentang penentuan 1 ramadhan, 1 syawal, dan 1 dzulhijjah.

ada beberapa pihak yang mengatakan "saya mah ikut pemerintah aja" ada yg bilang "saya ikut keputusan ormas ini aja" dan masih banyak yang lain. ana sendiri sejak tahun lalu tepatnya dalam penentuan 1 syawal tidak lagi hanya "manggut manggut" dengan keputusan pemerintah, tapi terlebih dahulu mencoba mencari tau juga informasi dan data yang ada yang bisa dijadikan acuan penentuan awal bulan qomariyah.

dalam penentuan awal bulan qomariyah pada dasarnya di indonesia digunakan dua metode yg lazim digunakan yaitu melihat langsung hilal dan menggunakan ilmu falaq. ana sendiri dalam melihat awal bulan dibantu sebuah aplikasi planetarium yang menurut saya sangat luar biasa, seperti halnya dalam penentuan syawal tahun 2011 lalu perhitungan 1 syawal ana ternyata sama dengan perhitungan
ormas muhammadiyah *bukan berarti ana muhammadiyah, tp jgn juga judge ane NU ya, ana mah p‬ilih netral aja, hhe* dan ternyata pada hari dimana pemerintah mengatakan belum masuk bulan syawal, ternyata di mekkah berkumandang takbir yg kurang lebih di indonesia saat itu pukul 10 pagi *aneh kan, padahal arab perhitungan waktu dunianya lebih lambat 6 jam dibanding indonesia, kok bisa2nya di mekkah sudah 1 syawal tapi di indonesia masih ramadhan, alhasil ada salah satu ustad disini (dumai, red) yang membatalkan puasanya pada hari itu setelah beliau melihat siaran langsung takbir dari masjidil harom karena beliau awalnya ikut keputusan pemerintah yg mengatakan pada hari itu masih bulan ramadhan *hhe, ternyata beragam banget umat di indonesia ini*

tahun ini, problematikanya masih sama, perbedaan dalam menentukan awal ramadhan, ada malahan yg sudah puasa duluan seperti di sebagian daerah di sumatra dan sebagian sulawesi. sedangkan ana sendiri sudah menentukan hari dan tanggal awal ramadhan menurut ana berdasarkan data yang dihasilkan oleh planetarium mini ana, ana memilih awal ramadhan jatuh pada tanggal 20 juli 2012. mengapa? karena dari penglihatan planetarium versi ana *hhe, sok ngerasa punya hak paten aja ya* hilal telah bisa dilihat pada tanggal 19 juli 2012 saat matahari terbenam. berikut sedikit penjabaran data2nya :

tanggal 18 juli 2012.
jika dilihat saat matahari terbenam sekitar pukul 18:23, hilal belum terlihat sama sekali karena pada tanggal 18 juli posisi hilal masih berada di bawah ufuk yaitu berada pada posisi sekitar minus 9 derajat 50 menit. sehingga belum memenuhi persyaratan untuk menentukan awal bulan pada keesokan harinya.

tanggal 19 juli 2012.
jika dilihat saat matahari terbenam sekitar pukul 18:23, hilal pada dasarnya telah terlihat berada diatas ufuk. saat matahari terbenam sempurna posisi hilal berada pada posisi 1 derajat 20 menit. sehingga bisa dikatakan keesokan harinya adalah awal bulan ramadhan.
*jika berdasarkan hasil nonton berita tadi siang, hhe.. dikatakan oleh salah satu pihak yg bertugas melihat hilal, dikatakan hilal akan mulai dilihat sejak sekitar 15 menit sebelum matahari terbenam. berdasarkan informasi pihak yang ada di tv ini saya juga mencoba melihat posisi hilal 15 menit sebelum matahari terbenam, ternyata posisi hilal 15 menit sebelum matahari terbenam berada pada 4 derajat 25 menit.

tanggal 20 juli 2012.
jika dilihat saat matahari terbenam sekitar pukul 18:23, posisi hilal ternyata telah berada pada posisi yang sangat tinggi, hilal terlihat telah pada posisi 12 derajat 40 menit. melihat posisi hilal yang telah sangat tinggi sangat memungkinkan bila tanggal 21 juli telah masuk 2 ramadhan. 


berikut ini merupakan gambar yang berhasil ana ambil untuk penglihatan hilal pada 19 juli 2012 saat matahari terbenam. ana membuat dua versi gambar yaitu yang pertama adalah gambar hilal dengan kondisi cuaca normal dan gambar yang kedua dengan background hitam adalah gambar yang sama dengan gambar pertama namun dengan pembiasan cahaya matahari yang ana hilangkan sehingga menghasilkan background yang gelap, gambar kedua ini bertujuan agar data tentang posisi hilal bisa antum lihat dengan lebih jelas.



berdasarkan data tersebut, bisa dikatakan jika 1 ramadhan itu jatuh pada 20 juli 2012. 
namun semuanya kembali pada keyakinan diri kita masing2 *maksud keyakinan itu kita yakinnya tanggal 1 ramadhan itu kapan*
ana tidak mengharuskan antum sekalian mengikuti data yang ana dapatkan, semua tergantung hati antum, ana hanya menyajikan data yang ana punya, dengan planetarium mini ana ini ana juga berhasil melihat "transit venus" yang terjadi pada bulan juni yang lalu dan bahkan ana juga telah melihat transit venus selanjutnya yang baru akan terjadi pada tahun 2117 *insyaallah ana akan buatkan artikel dan gambar transit venus yang terjadi pada tahun 2117, mana tahu antum pengen liat cuma mungkin pada tahun segitu umur kita gak cukup, hhe* dan insyaallah ana juga akan perlihatkan kejadian gerhana matahari yang terjadi pada tahun 1983 yang lalu melalui planetarium mini ana ini, dan juga perkiraan ilmu falaq tentang akan terjadinya gerhana matahari pada tahun 2016 nanti, insyaallah..

kepada antum mohon didoakan kesehatan ana, agar umur ini lebih berkah, lebih banyak beribadah, membersihkan jiwa dan raga yg dititipkan ini agar kembali bersih sebelum kembali kepada sang pemiliknya dan dimohonkan keluangan waktu ana untuk berbagi dengan antum semua tentang segala hal *namun mungkin akan lebih banyak tentang islam, insyaallah*

afwan minkum
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

0 komentar " [Planetarium] Hilal 1 Ramadhan 1433 H / 2012 M ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Silahkan berikan komentarnya