[Aqidah] 11 Pintu Masuk Syetan Jilid II - Bagian 2/6


  1. Tamak.

    Keinginan yang sangat berlebihan, rakus. Tamak bukan disebabkan oleh syetan, tamak itu datang dari diri kita, ketika tamak ada dalam diri kita maka disaat itu syetan masuk dan membumbui rasa tamak yang ada didalam hati kita. Tamak itu berawal dari rasa suka, suka kepada harta, terus menerus meningkat rasa sukanya hingga akhirnya rasa suka itu berubah menjadi rasa tamak, rakus, punya keinginan yang berlebihan. Ketika tamak itu ada didalam hati, lalu syetan masuk menghiasi rasa cinta harta kita, maka tamak terhadap harta menyebabkan orang tak mau lagi berbagi, tamak terhadap jabatan membuat orang menghalalkan segala cara. Ketika tamak sudah dihiasi dengan sangat indahnya oleh syetan didalam hati kita, maka saat itu nasehat orang tak lagi dihiraukan, sudah sekian banyak orang yang menasehati kita bahwa mengenai cara kita mengumpulkan harta itu adalah salah, tapi kita malah merasa biasa-biasa saja ketika mendengarnya, menganggap tak ada yang salah dengan cara kita, itu karena apa? Itu karena tamak sudah tertanam dihati kita, dan serakah sudah menguasai diri.

  1. Kenyang.

    Ketika seseorang makan dan makannya itu sudah sampai pada tahap kenyang maka itu artinya dia sudah membuka pintu masuk syetan. Menurut imam al-ghazali ada 6 hal yang hadir yang disebabkan oleh rasa kenyang
    1. Menghilangkan rasa takut kepada Allah. 
    2. Menghilangkan rasa kasih sayang kepada sesama makhluk, karena itu kita diperintahkan berpuasa yang salah satu tujuannya agar tumbuh rasa peduli kepada sesama, kita bisa merasakan seperti apa laparnya orang-orang yang tidak makan saat kita melaksanakan puasa. Mengapa banyak kita lihat sekarang ini orang-orang yang tega mengambil hak rakyat, bahkan jatah raskin untuk orang-orang susah pun masih mau mereka ambil, itu semua karena apa? Salah satunya karena mereka (kita) terlalu sering merasakan kenyang.
    3. Menghambat keta’atan, kenyang ini bisa menyebabkan orang malas untuk beribadah, sholat menjadi malas, kalaupun sholat tapi ayat yang dibaca yang pendek-pendek saja. coba perhatikan dibulan ramadhan, jika ketika berbuka puasa dipuaskannya menyantap hidangan, maka sholat isya dan tarawihnya akan terlihat bermalas-malasan, kenapa? Karena kenyang, perut penuh, ketika tegang urat perut maka akan kendur urat mata, bawaannya mengantuk saja ketika kenyang. Kenyang menghambat keta’atan.
    4. Menghambat pendengaran ketika mendengarkan kata-kata hikmah, ketika mendengarkan ceramah, hadist, ayat quran yang dibacakan bawaannya menguap saja, apa yang menghalangi pendengaran mendengarkan nasehat? Kenyang. Kenyang menghambat pendengaran.
    5. Jika menyampaikan nasehat maka nasehat itu tidak menyentuh ke hati pendengarnya, jika yang mendengarkan terlalu kenyang maka terhambat pendengarannya, jika yang menyampaikan yang merasakan kenyang maka nasehatnya yang tidak menyentuh ke hati yang mendengarkan. Jika dalam suatu pengajian, nasehat yang dibahas tak menyentuh hati pendengarnya, ada dua kemungkinan, jamaahnya yang kenyang atau penceramahnya yang kenyang. Kenyang menyebabkan nasehat yang disampaikan tidak menyentuh hati.
    6. Menimbulkan banyak penyakit, makan dan minumlah secukupnya, makan yang berlebihan akan mendatangkan penyakit, apalagi jika makannya tidak didahulukan dengan doa. akan tetapi tidak makan dan minum juga dilarang oleh islam, Abdullah ibn ‘amr ibn ‘ash pernah tidak makan, tidak minum, dan tidak tidur, lalu nabi marah dengan mengatakan kamu harus makan, kamu harus minum, kamu harus tidur, berikanlah yang berhak itu haknya, hak perut itu menerima makanan, minuman, hak mata itu istirahat, tidur.

      Ini adalah ijtihad imam al-ghazali seorang ulama besar, tidak ada dalam hadist dan dalam alquran, ini pembelajaran yang bisa kita ambil hikmah didalamnya dari seorang sufi yang mendalami ilmu pemahaman mengenai hati.



                                           Selanjutnya>> [Aqidah] 11 Pintu Masuk Syetan Jilid II - Bagian 3/6


0 komentar " [Aqidah] 11 Pintu Masuk Syetan Jilid II - Bagian 2/6 ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Silahkan berikan komentarnya