Mudahnya membuat file iso di Linux

Awalnya ketika membaca trik ini disini lalu mencobanya, saya sempat berfikir kalau ternyata trik ini bohong atau mungkin penulis ada yg lupa dalam penulisan syntax-nya atau bahkan mungkin salah total karena ketika saya mencoba trik ini pertama kali saya mengalami kegagalan.

Namun ternyata setelah saya coba coba dan coba, kemungkinan permasalahannya ada pada disc yg saya copy yg kemungkinan memiliki proteksi pelarangan duplikasi (linux kan opensource dan tidak mendukung pembajakan produk komersil), karena setelah saya mencoba membuat file iso dengan disc yg berbeda ternyata berhasil.

Berikut langkah2 sederhana membuat file iso di linux hanya dengan memanfaatkan terminal/console, trik ini saya coba pada distro Ubuntu 10.10 dan saya rasa juga bisa bekerja pada distro lainnya (semoga, karena saya belum mencobanya, hhe)
  1. Masukkan CD/DVD yang akan dijadikan file iso kedalam drive CD/DVD
  2. Buka terminal Applications > Accessories > Terminal
  3. Lalu masukkan perintah berikut :
dd if=/dev/cdrom of=/home/th3m0/namafile.iso
setelah itu tinggal tunggu deh proses pembuatan file iso nya selesai, simple kan and no ribet :)

keterangan : 
  1. /dev/cdrom = lokasi cdrom, pernah ketika saya mencoba membuat file iso dari media DVD saya mencoba menggunakan perintah tersebut namun gagal, dengan semangat just try and error saya mengganti perintahnya menjadi /dev/dvdrom dan ternyata berhasil, haha.. saya masih belum tau pasti knpa, ini hanya perkiraan saya saja jika ingin membuat iso dari media cd maka gunakanlah /dev/cdrom namun jika ingin membuat file iso dari media dvd maka gunakanlah /dev/dvdrom (correct me i am wrong)
  2. /home/th3m0 = lokasi penyimpanan file iso, sesuaikan dengan lokasi di drive masing-masing
  3. namafile.iso = nama file iso yang ingin dihasilkan berserta ekstensinya.
file iso yang telah dibuat dapat langsung digunakan, apakah ingin di mount menjadi folder (lagi2 dengan perintah terminal) ataupun juga bisa langsung di burn ke media cd/dvd.


terima kasih buat mas igo a.k.a ebyx84 untuk cipratan ilmunya ke saya,


0 komentar " Mudahnya membuat file iso di Linux ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Silahkan berikan komentarnya