-= Cracking Software ASCII Art Maker (Part 1) =-


Hummmph..ngecrack sebenarnya bukan ilmu baru, udah dari dulu2 waktu masih jamannya kevin mitnick eksis, robbert tappan moris jadi actor dibalik serangan ribuan worm ke internet, cracking itu udah ada. Tapi dari dulu gw selalu gagal ngecrack, tapi memang factor tak mudah menyerah dan mau terus mencoba menjadi factor pendukung utama dalam kita mendapatkan sedikit ilmu pengetahuan tambahan.
Sejak kemaren malam (02/04/10) sekitar pukul 23.00 dan akhirnya sekitar jam 05.00 dini hari (03/04/10), akhirnya gw bs jg ngecrack ne program ASCII Art Maker, n yg ga gw duga, mungkin karena semangat ga mo cepet nyerah (walaupun laper sih tengah malam tu) plus selama ngecrack sambil liatin foto doi (she, red.   hhe..wallpaper kompie gw selalu gambar doi sih, jadi bisa semangat terus mo ngapain aj Karena selalu ditemanin ama foto doi) waktu ngecrack ne program, langsung dapat 2 informasi penting, yg satu belajar membaca routine perjalanan ne program, n yang kedua ternyata si program juga menyisipkan kode aktivasi yg bisa diliat klo kita membedah isi programnya..hmmm, lagi mujur ne, dapat 2 cara sekaligus buat ngakalin ne program.
Ok deh gw mo langsung aj ke trik ngakalin trial program kali ne, sebelum ngecrack jangan lupa siapin alat dan bahan, yg perlu disiapin :
1.       Computer yg masih bagus dan ampuh untuk ngecrack
2.       Lagu “Rio Febrian – Aku Bertahan” buat nemenin selama nge-crack (pilih lagu ini, coz lagi kangen ama si dia juga sih, hhe), klo mo punya jugag bisa donlot di sini
3.       OllyDBg, buat ngeliat struktur program yg mo di crack, cari pake gugel bisa juga,  klo malas mo nyari donlot disini juga bisa
4.       ASCII Art Maker, korban kita kali ne… :D bisa donlot sample dari sini jugag
Install ASCII Art Maker, dan jalankan ASCII Art Maker. Pada tampilan awal akan langsung ditampilkan form registrasi penggunaan program ini, limit penggunaan free hanya sebanyak 15x percobaan.
Ok kita mulai percobaan, Jalankan ASCII Art Maker, klik tombol register tanpa mengisi field yg disediakan untuk menguji coding yg di terapkan, karena tidak ada data valid yg kita inputkan pada form register maka akan muncul pesan peringatan “wrong serial number !” seperti pada gambar berikut, tapi justru peringatan ini yg akan membantu kita untuk melakukan cracking pada software ini, ingat baik2 pesan peringatannya.


Jalankan Ollydb, load file program ASCII Art Maker (biasanya di program files, cari ndiri deh), setelah di load klik kanan pada layar yg berisikan kode2 alien (hhe..kode assembly maksudnya) lalu pilih search for > all referenced text strings, lalu klik kanan lagi pada layar yg baru muncul dan pilih search for text, lalu masukkan kalimat ajaib yang muncul saat percobaan registrasi yg gagal pada saat pertama kali tadi yaitu wrong serial number, non aktifkan tanda centang pada case sensitive dan berikan tanda centang pada entire scope (fungsi nya apa?? Hmm tuh tinggal di translate ke Indonesia, pasti ngerti deh maksudnya.,), klik ok.
Kemudian setelah ketemu letak kalimat ajaib yg di cari, dobel klik pada baris yg terdapat kalimat wrong serial number, sehingga akan tampil window baru

Berikut Ini adalah tampilan window baru hasil dari dobel klik pada gambar di atas, nah sekarang naik 98 baris dari kalimat wrong serial number pada window yg baru tersebut.

Hmmm…sama sperti gw, pasti kalian malas banget mo ngitung 98 baris itu kan, kalo Cuma sekedar 10 baris mah ga masalah, ini 98 baris gila banyak banged, tapi it’s ok kalian ga perlu nurut2 banged ama cara2nya, intinya pada tampilan window baru yg ada kalimat wrong serial number itu, kalian perhatikan baris2 di atas nya yg di awali dengan kode JE, nah kebetulan di program ASCII Art Maker ini gw nemuin JE yg terdekat pertama kali ada di baris ke 98 diatas tulisan ajaib kita, makanya gw nyuruh kalian ngitung 98 baris ke atas, hhe…

Setelah nemu baris JE nya, dobel klik lagi, trus ganti kode JE jadi JNZ, gw ga ngerti juga sih fungsi nya apaan, yg gw tau JNZ ntu singkatan dari Jump Not Zero, mungkin itu kode untuk by pass kali yah??hhee..maklum masih newbie, ckckck :p


Nah klo JE udah diganti ama JNZ, klik dah tuh tombol assemble, fungsinya lagi?? Karena Cuma ada 2 tombol assemble dan cancel, yg gw tau cancel untuk ngebatalin, nah gw nebaknya assemble ntu buat nge-eksekusi perubahan dari JE jadi JNZ, hhe… fill with nop’s apaan??hummpphh, itu gw kagak tau, ntar de di cari tau, ato klo pada ga sabaran nunggu, cari pake om gugel aj dulu…hhee
Udah?? Klo udah berubah jadi JNZ kodenya, klik kanan > copy to executable > all modifications, trus pilih copy all

Klo keluar layar baru, tutup aj, trus pilih yes, nah save aj dulu perubahan pertama kita ne, mo simpan pake nama apa?? Terserah deh, gw sih rubah nama bawaannya aj dikit, gw simpan pake nama asciiartmaker2.exe, coba jalanin file hasil modif yg barusan di save tadi, klo keluar registration formnya, isi aj suka2, hhe..

Nah sebagai tugas baru, di inget tuh pesan waktu registrasi berhasil, yg kata2 “thank you ! your program is registered now !”. Sampai disini, untuk urusan registrasi udah beres, tapi masih ada masalah, setiap kali jalanin program form registrasi akan selalu muncul, ga terlalu masalah sih, coz dengan membiarkan formnya tetap kosong, registrasi tetap bisa kok, Cuma ga enak aj liatny, sekarang kita coba ngilangin tampilan registrasinya.
Ollydbg belum ditutup kan, klo udah ditutup ga masalah kok, buka aj lagi ollydbg nya trus load file yg baru aj di simpan tadi yg asciiartmaker2.exe, ok kita lanjut..
Dari posisi perubahan terakhir, window yg untuk merubah kode JE menjadi JNZ, tutup aj window nya. Nah sekarang masih ad window yg tersisa di layar, klik kanan trus pilih search for text, masukkan kalimat pas registrasi berhasil tadi, kata2 thank you aj udah cukup, karena kita Cuma mau liat alur proses berikutnya, setelah ketemu kata2 thank you, tepat di atas kalimat thank you terdapat kata2 start yg kemungkinan besar berfungsi untuk memulai programnya, dobel klik di kata2 start untuk menampilkan window baru.
Setelah window baru terbuka, naik 2 baris dari kata2 start maka akan di temukan baris perintah yg di awali dengan kode FE, 

dobel klik baris tersebut dan ganti nilai JE menjadi JNZ seperti cara sebelumnya. lalu klik tombol assemble.

 
Udah?? Klo udah berubah jadi JNZ kodenya, klik kanan > copy to executable > all modifications, trus pilih copy all
Window baru yg muncul di tutup aj lagi, trus save lagi file nya, terakhir coba jalanin file terakhir yg baru di buat tadi, dan taaraaaaa…registration form udah hilang, dan pada form registrasi bisa di isi sesuka kita.
Terakhir delete atau rename file aslinya, dan rename file hasil cracking sesuai dengan nama asli programnya.
cracking ASCII Art Maker sukses dan selesai  ;) sample cracknya bisa donlot disini (tapi jangan lupa rename kembali sesuai nama file aslinya ya)

<!--

^-  Special thanks to someone who always stay in my heart.. dq, miss u n I love you dear..
^ - To all member of jasakom community, jatimcrew, yogyafree a.k.a xcode a.k.a familycode.
^-  All of my friend, member of global society.
^-  N the last I’m not a perfect man, I’ve many mistake, but I like my self, n my proud thanks to tormentor who has been always stay with me from that day until now.

2 komentar :

  1. Anonymous8/11/11 15:07

    kalo hack text ticker 2.4 gimana yah

    ReplyDelete
  2. aq belum pernah liat aplikasinya, rasanya sama saja, cb perhatikan pesan kesalahannya saat mencoba melakukan register dg data yg sembarangan..
    kemudian lakukan sperti cara diatas.. ^_^

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentarnya